Sabtu, 08 September 2012

WARGA TEMUKAN BENDA PURBAKALA SAAT MENGGALI SUMUR



Di musim kemarau, seperti saat ini, sebagian warga terutama para petani membutuhkan air untuk mengairi sawahnya. Di lamongan, petani mustru menemukan sejumlah benda purbakala saat mengali sumur di sawah.  Benda purbakala yang ditemukan ini, sontak menjadi pusat perhatian warga setempat.

Warga desa sukodadi, kecamatan sukodadi, lamongan, mendadak gempar dengan ditemukannya sejumlah benda purbakala yang diduga peninggalan zaman dahulu.

Benda-benda antik ini, ditemukan oleh warga di lokasi pematang sawag, saat para petani desa setempat membuat sumur untuk pengairan sawah mereka. Pasalnya, saat musim kemarau seperti saat ini, semua sumur milik warga mengering.

Di lokasi ini, petani  menemukan dua lingga yoni dan sebuah sumur tua sedalam kurang lebih tiga meter. Fitur diduga merupakan bekas bangunan percandian, tetapi sudah tidak utuh lagi. Terbukti tampak hanya susunan beberapa batu cadas tak utuh dan berserakan.

Menurut Suroso, penemu benda purbakala. Ia bersama teman-temanya saat melakukan penggalian membuat sumur dengan alat seadanya. Tiba –tiba mereka menemukan tumpukkan bata dan benda-benda purbakala  lain hingga galian tersebut mengeluarkan air jernih. Bahkan sejumlah warga menyakini air yang keluar dari sumur tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Sementara untuk minghindari kerusakan.  Warga menempatkan dua lingga yoni di rumah kepala desa setempat.  Lingga yoni merupakan lambang kesuburan dari perwujudan siva dan durga pada zaman dahulu.

Dari hasil pengembangan galian, sumur tua itu merupakan sumber mata air yang besar. Rencananya, air sumur ini, sepenuhnya akan dikelola untuk kepentingan pertanian masyarakat sukodadi dan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution