Selasa, 18 September 2012

PULUHAN BANGUNAN DI LAMONGAN RUSAK AKIBAT SEISMIK PERTAMINA

Adanya Survei Seismik PT pertamina yang berada di kecamatan babat, lamongan, mengakibatkan puluhan bangunan rusak. Kerusakan tersebut, termasuk terjadi pada 2 gedung sekolah, sebuah masjid dan balai desa.



Sedikitnya 58 bangunan, termasuk ruangan Sekolah Dasar Negeri Kepoh di kecamatan babat, lamongan, rusak akibat eksplorasi Seismik Pertamina EP. Kondisi itu membuat para siswa menjadi resah dan khawatir bangunan akan ambruk.

Kerusakan terjadi pada bagian dinding rungan dengan retak-retak yang cukup besar. Dua ruangan di sekolah itu rusak dengan kondisi retak-retak yang cukup besar. Sedangkan sejumlah ruangan hanya retak-retak biasa.

Menurut Jarmito, camat babat, sebanyak 58 ruangan di kecamatan babat rusak akibat ledakan Seismik. Pencarian titik lokasi minyak di perut bumi dengan menggunakan dinamit oleh pertamina.

Selain rumah dan ruangan sekolah, ledakan seismik juga merusak masjid, musalah, dan balai desa. Data kecamatan babat menunjukkan kerusakan dialami satu masjid, satu musala, balai desa, dua gedung sekolah dan 53 rumah penduduk, dengan kategori rusak ringan 45 bangunan, 12 sedang dan 1 rusak berat.

Jarmito mengaku sudah melakukan pertemuan dengan pertamina beberapa waktu silam. Pihak pertamina berjanji memberikan kompensasi kerusakan rumah warga dan sekolah akibat dampak ledakan seismik tersebut. Kapan penggantian itu diberikan, menurut jarmito, tinggal menunggu waktunya saja.

Kondisi ini, terang saja membuat proses belajar mengajar siswa terganggu. Siswa khawatir, gedung sekolah mereka akan ambruk lantaran retakan-retakannya semakin lama semakin membesar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution