Kamis, 20 September 2012

HEKTARAN KEBUN TEBU SIAP PANEN LUDES TERBAKAR



Hektaran kebun tebu siap panen di lamongan, ludes dilalap si jago merah. Diduga, api berasal dari petani yang membakar jerami. Akibat angin kencang, api membesar dan menyambar tanaman tebu. Meski tidak menelan korban jiwa, akibat kebakaran ini, pemilik kebun mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Cuaca panas disertai angin kencang yang terjadi beberapa waktu terakhir ini, kerap kali menimbulkan bencana kebakaran di sejumlah daerah. Di lamongan, hektaran kebun tebu yang siap panen, ludes terbakar amukan si jago merah.

Kebakaran ini, terjadi di dusun ringin anom, desa lopang, kecamatan kembang bahu lamongan. Hektaran tanaman tebu siap panen milik wakid, warga desa setempat, ludes terbakar.

Menurut keterangan sejumlah warga, kebakaran bermula saat seseorang yang belum diketahui siapa, membakar tumpukan jerami yang berada di pinggir sawah. Cuaca panas disertai dengan angin kencang, membuat apin semakin membesar dan menyambar kebun tebu yang berada di sebelahnya.

Warga yang melihat ada kobaran api, langsung berusaha memadamkan dengan alat seadanya. Pasalnya, letak kebun yang berada persis di saping pemukiman warga, membuat warga panik jika api merembet dan membakar deretan rumah warga yang rata-rata terbuat dari kayu.

Petugas pemadam kebakaran yang terlambat datang ke lokasi kejadian, langsung melakukan pembasahan terhadap sisa-sisa tebu yang telah menjadi arang.

Meski tidak mengakibatkan korban jiwa, namun akibat kebakaran ini, petani mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Pasalnya, tanaman tebu yang terbakar ini, rencananya hari itu juga bakal dipanennya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution