Sabtu, 29 September 2012

KEMARAU PANJANG, WARGA GELAR SEDEKAH BUMI UNTUK MINTA HUJAN



Memasuki musim kemarau panjang kali ini, berbagai upaya dilakukan warga untuk mencukupi kebutuhan air. Di lamongan, warga desa melakukan sedekah bumi dengan membawa sesajen dan tumpeng yang diarak menuju telaga desa dengan tujuan meminta segera datang hujan.

Berbagai cara dilakukan oleh warga untuk mengatasi kemarau panjang tahun ini. Di lamongan misalnya, warga satu desa menggelar sedekah bumi dengan maksud agar segera turun hujan.

Kegiatan ini, digelar oleh warga desa tuwiri, kecamatan tikung, lamongan. Ratusan warga mengarak sesajen dan tumpeng menuju telaga yang berada di pinggir desa setempat.

Tidak hanya kaum wanita, semua warga baik lelaki, tua, muda, bahkan anak-anak, semuanya berkumpul di pinggir telaga dengan diiringi pertunjukan wayang kulit lengkap dengan seperangkat gamelannya.

Setelah semua sesajen dan tumpeng selesai dikumpulkan, ribaun warga inipun menyantapnya bersama-sama. Uniknya, sesajen yang dibawa oleh warga ini, baik isi maupun kemasannya seragam antara satu dengan yang lainnya. Yakni berisi seekor ayam, nasi satu tumpeng, serta sejumlah buah buahan.

Muntalib, tokoh masyarakat desa tuwiri menjelaskan, selain mempererat silaturahmi antar warga desa setempat, sedekah bumi ini, juga bertujuan untuk meminta agar segera turun hujan sehingga petani bisa kembali bercocok tanam.

Usai menyantap bersama-sama sesajen dan tumpeng, waga dessa setempat, selanjutnya melakukan tradisi udik-udikan, yakni melemparkan sejumlah uang recehan yang kemudian direbutkan oleh anak-anak kecil. Dalam berebut uang receh ini, tak sedikit dari anak-anak yang tumpang tindih akibat berebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution