Jumat, 31 Agustus 2012

PENEMUAN BENDA PURBAKALA GEGERKAN WARGA



Belasan benda purbakala berupa genta ditemukan di lamongan. Alat pemujaan yang diduga peninggalan zaman kerajaan hindu budha ini ditemukan salah seorang  petani saat mencangkul sawah. Sontak peristiwa ini mengundang perhatian warga.

Rumah aji purnomo warga  dusun ploso geneng desa ploso wahyu kecamatan lamongan, mendadak ramai dikunjungi warga.

Warga berdatangan ke rumah aji purnomo ini untuk melihat langsung sembilan belas genta yang diduga benda purbakala peninggalan zaman kerajaan hindu budha.

Bahkan sejumlah  petugas dari balai pelestarian peninggalan benda purbakala , b-p3 di trowolan mojokerto turun ke plosowahhyu  untuk melakukan penelitian.

Aji purnomo, mengaku, benda alat  upacara pemujaan  ini ditemukan saat dia sedang pencangkul sawah. Saat itu cangkulnya membentur benda keras. Setelah digali ternyata ditemukan dua batu bata serta pecahan gerbah kuno. Kemudian aji menemukan sembilan belas genta klasik ini.

Menurut edi widodo, kasi pelestarian dan pemanfaatkan bp3 trowolan, jika dilihat dari kesamaannya dengan benda-benda sejenis di musium b-p3 trowolan, maka diperkirakan genta-genta ini berasala dari zaman hindu dan merupakan alat beribadah umuat hindu atau budha.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution