Jumat, 31 Agustus 2012

LEGEN, MINUMAN TRADISIONAL BUKA PUASA



Bagi anda yang kebetulan melalui kota lamongan, tepatnya di sepanjang jalan pantai utara,  maka anda perlu mencicipi minuman tradisional legen untuk buka puasa. Selain enak dan segar, minuman yang berasal dari getah pohon siwalan tersebut dipercaya bisa menambah setamina.

Legen merupakan minuman tradisional khas pantura. Cairan alami yang berasal dari tetesan getah pohon siwalan ini mudah kita jumpai di sepanjang jalur pantai utara, tepatnya di kawasan brondong dan paciran. Bahkan puluhan warung khusus berjualan legen akan menyambut anda dalam perjalanan .

Sepintas legen memang berwarna agak keruh. Namun bukan berarti minuman ini tidak layak konsumsi. Pasalnya, legen yang berwarna keruh seperti ini adalah yang asli tanpa campuran air maupun pemanis buatan.
Minuman legen asli dihasilkan dari getah pohon siwalan yang banyak tumbuh di wilayah perbukitan kapur . Setiap tetes getah ditampung dalam bumbung atau potongan bambu yang akan diambil menjelang sore hari. Dalam sehari, satu pohon siwalan bisa menghasilkan dua liter hingga sepuluh liter legen bergantung usia pohon.

Kondisi alam yang panas dan kering membuat minuman legen cukup diminati masyarakat. Selain murah, minuman ini memiliki rasa yang khas dan menyegarkan. Bahkan selama bulan ramadhan, legen menjadi minuman favorit penghilang dahaga saat buka puasa.

Datangnya bulan suci ramadhan seperti sekarang ini menjadi berkah bagi penjual minuman legen. Bahkan sejumlah warga yang sebelumnya berjualan minuman toak, kini beralih menjadi penjual legen dadakan. Pasalnya minuman toak yang mengandung alkohol kurang diminati pembeli selama bulan ramadhan.

Warung-warung legen di sepanjang jalur pantura biasanya buka 24 jam. Namun kita juga bisa pergi ke pelosok desa untuk menikmati legen yang baru diambil dari pohon. Untuk satu botol besar minuman legen, kita cukup membayar lima ribu rupiah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution