Senin, 20 Februari 2012

SEKOLAH RUSAK, SISWA TERPAKSA BELAJAR DI RUANG BERSEKAT DAN MUSHOLA

Akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi beberapa hari lalu, menyebabkan tiga ruang kelas sebuah Sekolah Dasar Negeri di lamongan rusak parah. Akibatnya, siswa terpaksa belajar di ruangan yang disekat menggunakan papan kayu. Sementara sisanya, harus berdesakan di musholah sekolah setempat.

Tiga ruangan kelas SDN Padengan Ploso II, yang berada di desa Padengan Ploso, kecamatan Pucuk, Lamongan ini, praktis tak dapat digunakan lagi oleh siswa, akibat diterjang angin puting beliung beberapa hari lalu.

Sebagian besar atap kelas ambruk. Ditambah lagi, kondisi gedung yang telah dibangun sejak tahun 1976 ini belum pernah direnofasi, membuat sebagian besar kontruksi telah rapuh dan keropos.

Untuk melaksanakan proses belajar mengajar, siswa terpaksa harus belajar di ruangan yang disekat dengan menggunakan papan. Untuk kelas satu dan dua, ditempatkan bersama dengan siswa taman kanak-kanak. Siswa kelas tiga dan empat dalam satu ruangan, untuk kelas enam, harus dipisahkan sendiri lantaran sebentar lagi harus menghadapi ujian nasional.

Untuk siswa kelas lima yang tidak  kebagian ruang kelas untuk proses belajar mengajar, terpaksa harus berdesakan di mushola sekolah setempat yang hanya berukuran tiga kali empat meter.
Tutus, salah satu siswa kelas tiga ini misalnya. Ia mengaku tidak dapat secara maksimal mengikuti proses belajar mengajar di satu ruang kelas yang disekat dan berdesakan ini.

Sementara itu, Ilham Romanto, Kepala Bidang TK-SD Dinas Pendidikan Lamongan, menegaskan, rusaknya tiga ruang kelas ini, pihak pemerintah untuk sementara tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, pihak diknas sendiri masih harus menunggu datangnya Dana Aloksi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat yang rencananya akan tiba bulan maret tahun ini.

Kondisi ini, membuat siswa pasrah dan terpaksa harus terus menjalani proses belajar mengajar di tempat yang berdesakan hingga datangnya Dana Alokasi Khusus tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution